"SUGENG RAWUH"

10 November 2010

Tanjung Jati B Project Expansion Units 3 & 4

Pada tahun 2003-2005, perusahaan tempat saya bekerja, memperoleh pekerjaan untuk support pelaksanaan pembangunan Tanjung Jati B Project 2x660 MW (2 unit). PLTU TJB dengan menggunakan bahan bakar batubara ini terletak di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Jepara. Saat itu, perusahaan support kebutuhan untuk konstruksi pendukung proyek. Yang menjadi Kontraktor EPC (Engineering, Procurement dan Construction) adalah Sumitomo Wasamitra Joint Operation dan Sumit Power Development Limited
Sedikit menggali informasi di beberapa sumber, ternyata proyek ini sudah mulai dirilis pada tahun 1994, namun baru benar - benar dilaksanakan proses pembangunan pada tahun 2003. Saat itu, akses menuju ke lokasi benar - benar masih sangat memprihatinkan. Jalan tidak beraspal dan begelombang, dan akses listrik yang sangat minim. Bisa dibilang saat itu lokasi proyek benar - benar jauh dari peradaban (lebay ...).
Pada Sabtu, 14 Oktober 2006, proyek ini diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Pada 25 Februari 2009, dimulailah pembangunan Tanjung Jati B Project Expansion Units 3 & 4. Pembangunan PLTU Tanjung Jati B dilaksanakan oleh Sumitomo Corporation-Wasamitra Engineering Joint Operation sebagai EPC kontraktor dan dibantu oleh sejumlah subkontraktor, seperti SCBD, SCED, TSB-TTSI-TOS JO, Mitsui Engineering and Ship Building Co-TSW JO, dan Black and Veatch(BVI)-Satyamitra Surya Perkasa (SSP) Joint Operation. Dan tentunya, masih banyak sub-sub kontraktor dari masing-masing sub kontraktor tadi yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.
Sebagai gambaran, jarak tempuh untuk sampai ke TJB adalah sekitar 100km, bila diukur dari pusat kota Semarang (kalau dari rumahku, tambah 25km lagi :) ). Itupun dengan opsi memilih jalur alternatif. Untunglah, banyak rambu yang bisa menjadi acuan untuk menuju ke lokasi PLTU.


My Wife, pose front of the name board.

0 komentar:

Posting Komentar