"SUGENG RAWUH"

24 Maret 2009

Tata Cara Perencanaan Dan Pemasangan Sistem Pipi Tegak Dan Slang Untuk Pencegahan Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Rumah Dan Gedung SNI 03-1745-2000

RUANG LINGKUP :
Standar ini mencakup persyaratan minimal untuk instalasi pipa tegak dan sistem hidran/slang pada bangunan gedung. Standar ini tidak mencakup persyaratan untuk pemeriksaan berkala, pengujian, dan pemeliharaan pipa tegak.

RINGKASAN :
Beberapa hal yang diatur dalam Tata Cara Perencanaan dan Pemasangan Sistem Pipa Tegak dan Slang untuk Pencegahan Bahaya Kebakaran pada Bangunan Rumah dan Gedung adalah sebagai berikut:
• Komponen sistem pipa tegak harus mengikuti ketentuan ini. Semua perlengkapan dan bahan yang dipakai dalam sistem pipa tegak harus dari tipe yang disetujui. Komponen sistem harus mampu menerima tekanan kerja tidak kurang daripada tekanan maksimum yang ditimbulkan pada lokasi yang terkait di dalam setiap kondisi sistem, termasuk tekanan yang terjadi bila pompa kebakaran dipasang permanen yang bekerja dengan katup tertutup.
• Jumlah dan susunan peralatan pipa tegak untuk proteksi yang benar diatur oleh kondisi lokal, seperti hunian, karakter, konstruksi bangunan gedung dan jalan masuknya.
• Pipa tegak dan pemipaan lateral yang dipasok oleh pipa tegak harus ditempatkan dalam tangga eksit yang diselubungi atau harus dilindungi dengan tingkat ketahanan api sama dengan yang dipersyaratkan untuk tanggal eksit yang diselubungi dalam bangunan di mana pemipaan ini ditempatkan.


Selengkapnya di sini.

0 komentar:

Posting Komentar